Pages

Sabtu, 12 Januari 2013

Sukses Ujian Nasional 20 Paket Soal


Dari tahun-ketahun kalau sudah membicarakan ujian nasional ada saja siswa yang merasa ketakutan. Bukan hanya siswa SD saja yang notabene UN adalah pengalaman pertamanya, siswa SMP ataupun SMA yang sudah pernah mengecap ujian nasional juga banyak yang merasa gentar. Alasannya beragam, ada yang bilang kalau ujian nasional itu soalnya susah-susah, belum siap, dan sebagainya. Kendati demikian, jika sudah tiba waktunya mau tidak mau harus siap mengikuti ujian nasional.
Dewasa ini, sistem ujian nasional terus diperbarui guna meningkatkan kualitas peserta didik, termasuk pula dalam pembuatan paket soal. Di tahun 2013, kabarnya paket soal yang dulunya 4 paket yang berbeda kini akan menjadi 20 paket. Dengan adanya 20 paket soal, diharapkan kemungkinan adanya kecurangan dapat diminimaliris. Akibatnya, siswa dituntut untuk dapat memanfaatkan waktu secara efisien agar dapat lulus Ujian Nasional. Berikut tips-tips agar dapat lulus ujian nasional. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel “Ayo, organize Your Live
1.    Sebelum Mengikuti Ujian Nasional.
a.    Jaga Kondisi Tubuh dan Mental.
Dengan tubuh yang prima dan mental yang sehat kita akan mampu menyerap pelajaran dengan optimal. Rajin-rajinlah berolahraga, setidaknya luangkan waktu minimal satu minggu sekali untuk berolahraga seperti senam dan ketika belajar usahakan memberikan waktu senggang setiap satu jam untuk merenggangkan otot-otot dan menyegarkan otak untuk kemudian melanjutkan pelajaran kembali. Jangan pernah termakan isu ujian nasional yang menyesatkan seperti ujian nasional dengan soal yang susah-susah atau adanya bocoran soal. Itu semua hanya merusak mental kita. Pemerintah pastinya sudah memikirkan kelogisan soal-soal yang diberikan. Soal-soal tersebut pastinya sudah di uji dan disesuaikan dengan kemampuan siswa. Jika kita belajar pastilah akan dapat menyelesaikan soal yang diujikan. Jangan percaya adanya bocoran soal. Jika kita percaya gosip tersebut hanya akan membuat kita malas belajar.

b.    Belajar.
Cari tau metode belajar yang cocok denganmu. Belilah atau download di internet kumpulan soal-soal Ujian Nasional. Biasanya soal-soal yang diujikan akan mirip dengan soal-soal ujian nasional terdahulu. Atur waktu mempelajari kumpulan paket soal tersebut. Usahakan jangan mencorat-coret kumpulan soal tersebut. Gunakan buku atau kertas baru dan jangan buang kertas tersebut setelah digunakan. Lihatlah hasil pengerjaan soal-soal tersebut dan introveksi. Jika terdapat soal yang sulit dimengerti tanyakan kepada orang yang dipercayai atau guru.

Ikuti bimbingan belajar yang diselenggarakan oleh sekolah maupun di luar sekolah dengan serius. Mintalah kisi-kisi soal ujian nasional. Belajarlah sesuai dengan kisi-kisi yang diujikan agar yang dipelajari tidak terlalu melebar, takutnya jika terlalu melebar materi yang diujikan akan terlupakan. Buatlah ringkasan kecil yang mudah dibawa kemana-mana, siapa tahu akan ada acara di luar yang menyebabkan tidak dapat belajar, maka ringkasan tersebut dapat dibaca untuk mengisi waktu.

Biasakan untuk mengerjakan soal-soal dari yang termudah kemudian ke soal yang lebih sulit. Dengan mengerjakan soal yang lebih mudah kita akan termotivasi untuk mengerjakan yang lebih susah dan membuat kita menjadi lebih yakin dapat lulus ujian nasional.

Jangan belajar terlalu berlebihan. Usahakan belajar di pagi hari dari jam 5 pagi sampai jam 6 pagi. Kemudian dilanjutkan di sekolah. Setelah itu ikuti bimbingan belajar. Pada malam harinya, luangkan waktu mempelajari soal-soal ujian nasional terdahulu. Maksimal satu setengah jam agar tidak merasa jenuh.

c.    Tinggalkan Kebiasaan Tak Penting
Tinggalkanlah kebiasaan-kebiasaan yang dirasa tidak penting seperti tidur berlebihan (lebih dari 5-6 Jam/hari), menonton tv atau main game berlebihan, dan sebagainya. Kegiatan menonton TV maupun bermain game adalah kegiatan hiburan untuk menghilangkan stress, lakukanlah ketika sudah jenuh belajar dan ingat jangan berlebihan.

d.    Berdoa dan Berpikir positif.
Manusia hanya dapat berusaha dan Tuhanlah sebagai penentunya. Rajin-rajinlah berdoa dengan khusuk agar apa yang kita inginkan dikabulkan oleh Beliau. Ikutilah kegiatan persembahyangan dengan sungguh-sungguh, selain kita dapat mendekatkan diri dengan Beliau, stress yang mendera akan berkurang.
Banyak yang mengatakan, berpikirlah positif adalah kunci dari kesuksesan. Selalu optimis dapat menyelesaikan ujian nasional dengan hasil yang maksimal. Janganlah kita memikirkan hal-hal yang mengganggu kegiatan belajar seperti pacar yang tidang mengirim sms dan lainnya. Fokuslah pada belajar guna meraih cita-cita.

e.    Jadwal dan Tekad.
Buat jadwal kegiatanmu sehari-hari. Aturlah waktu belajar yang pas disesuaikan dengan kebiasaanmu belajar. Ketika jadwal sudah dibuat, tekad haruslah kuat agar jadwal yang dibuat tidak sia-sia belaka. Jangan terlalu dipaksakan untuk mengikuti jadwal secara penuh di hari pertama, secara perlahan ikuti jadwalmu sampai terbiasa.

f.    Latihan Mengisi LJK
Selain karena faktor jawaban, hasil ujian nasional juga dipengaruhi oleh pengisian LJK. Jika pengisian LJK keliru, jawaban yang telah dibuat tidak akan terbaca oleh komputer hal hasil nilai ujian kita akan merosot. Lakukan latihan rutin disela-sela waktu senggang. Tanyakan kepada guru seberapa tebal kita harus menghitamkan LJK atau bagaimana cara pengisian yang baik.

2.    Menjelang dan Saat Mengikuti Ujian Nasional.
Biasanya menjelang mengikuti ujian nasional banyak siswa yang berlomba-lomba untuk belajar. Sebenarnya itu sah-sah saja namun dapat menyebabkan kemampuan kita menjawab soal menurun. Otak yang di genjot secara tiba-tiba menyebabkan otak menjadi lelah sehingga kemampuannya akan menurun. Usahakan satu minggu sebelum ujian dan saat ujian intensitas belajar diturunkan. Cukup pelajari ringkasan rumus dan tips pengerjaan soal yang sudah dibuat. Selebihnya pupuk mental dan keyakinan pasti lulus ujian nasional.
Cari tahu kapan akan diselenggarakan ujian nasional dan kelengkapan apa saja yang harus dipersiapkan agar di hari ujian nasional tidak keteteran. Minta izin kepada orang tua dan minta di bantu doa karena doa orang tua adalah doa yang paling manjur (niatnya tulus).
Gunakan ketentuan yang sudah diberitahukan secara bijak. Usahakan menggunakan pensil 2B yang sudah diberikan oleh sekolah karena pensil tersebut sudah diuji kelayakannya. Pilihlah papan alas untuk tempat LJK yang datar, tidak bergelombang, jika bisa gunakan kaca saja. Jangan memburamkan atau menghitamkan dengan tangan melainkan gunakan penggaris khusus agar bulatnya sempurna.

Saat mengikuti ujian nasional:
1.    Bangunlah pagi-pagi dan cek persiapan yang akan di bawa. Kemudian berdoa dan minta dukungan orang tua. Jangan lupa sarapan pagi. Jangan berlebihan agar tidak mengantuk.
2.    Datanglah satu atau setengah jam sebelum ujian dimulai agar tidak tergesa-gesa.
3.    Sebelum mengisi LKJ dan mengambil soal berdoa terlebih dahulu dan jangan tegang.
4.    Baca ketentuan ujian dan pengisian LJK.
5.    Gunakan waktu mengisian biodata LJK secara efisien. Ketika sudah usai mengisi biodata LJK, periksa kembali agar tidak ada yang keliru. Baca ulang nomor kartu ujian nasional dan cocokkan dengan data yang kita isi di LJK. Dalam beberapa kasus banyak pengisian  nomor paket soal dan nomor ujian nasional yang keliru.
6.    Saat menjawab soal usahakan menjawab soal yang lebih mudah dahulu. Cukup beri tanda jawaban di LJK dan jangan dihitamkan terlebih dahulu, takutnya jika dihitamkan satu-persatu, saat pengerjaan soal akan tersenggol dan merusak LJK. Ketika 15 menit sebelum ujian berakhir akan diberikan peringatan, Saat itu baru hitamkan LJK dan periksa ulang ketebalan penghitaman.
7.    Manfaatkan waktu pengerjaan soal secara efisien. Jika masih ada waktu pengerjaan (sebelum 15 menit akhir) koreksilah soal-soal yang telah dikerjakan.

3.    Setelah Mengikuti Ujian Nasional
Ujian nasional bukanlah akhir dari segala-galanya. Jika sudah usai ujian nasional bukan berarti tugas sebagai peserta didik sudah usai.
Berliburlah untuk menghilangkan rasa penat. Jika bisa ajaklah teman-teman sekelas karena saat-saat tersebut mungkin jadi saat terakhir untuk bersama.
Kemudian tentukan mau jadi apa kedepannya. Apakah akan melanjutkan ke sekolah yang bonafit atau mlanjutkan ke universitas ternama dengan jurusan yang disukai. Usahakan jangan terpaku pada satu pilihan. Buatlah beberapa pilihan dan konsultasikan dengan orang tua. Jangan lupa tetap mengasah otak karena seusai pengumuman ujian nasional, biasanya akan diadakan tes masuk sekolah tujuan atau universitas.
Tetaplah dengan rutinitas berdoa dan meminta didoakan oleh orang tua.

4.    Lulus atau Tidak.
Saat yang paling mendebarkan setelah perjuangan selama beberapa tahun mengenyam pendidikan adalah pengumuman kelulusan. Apakah usaha tersebut akan menuaikan hasil yang bagus atau tidak. Yakinlah bahwa kamu pasti akan lulus.
Ada beberapa sekolah yang mengumumkan lewat jalur online atau dengan memberikan amplop. Jika kamu tidak sanggup lebih baik tukarkan amplopmu dengan teman terdekat dan sama-sama membukanya.
Jerengg... LULUS/ GAGAL. Jika sudah lulus jangan terlalu berbangga hati dan tidak lulus jangan berkecil hati. Jika lulus jangan sampai berpesta pora berlebihan seperti pawai  dan mengganggu ketentraman di jalanan, perbuatan tersebut tidak mencerminkan anda kaum intelektualitas. Bagi yang gagal atau tidak lulus, masih ada kejar paket yang dapat di ikuti. Orang yang tidak lulus bukan berarti ia adalah orang yang bodoh namun sudah pasti ia adalah orang yang kurang beruntung. Jadi jangan berkecil hati. Masih ada jalan hidup yang panjang untuk dinikmati.

5.    Selesai Pengumuman
Inilah wujud usaha yang telah dilakukan. Setelah selesai mengikuti ujian dan telah lulus jagan sampai lupa dengan almamater. Wujudkanlah cita-citamu dengan mengikuti seleksi di sekolah pavorit atau seleksi masuk perguruan tinggi dengan segenap usaha seperti saat mengikuti ujian nasional. Jika berkenan, sumbangkanlah pakaianmu yang masih layak digunakan baik itu pakaian saat di sekolah maupun pakaian bekas ke panti asuhan agar berdaya guna. Tetap jadikan usaha kerja keras saat berusaha mencapai kesuksesan ujian nasional untuk menunjang cita-citamu.
Bagi yang tidak lulus harus belajar lebih giat lagi. Jangan merasa minder atau bodoh. Ikuti bimbingan belajar dan kegiatan yang lainnya yang menunjang kelulusanmu nantinya. Tetap semangat dan raihlah prestasi.

Demikian artikel mengenai tips Ujian Nasional 20 paket soal. Terimakasih kepada teman facebook saya Dessika atas requestnya. Semoga dessika dan teman-teman lainnya dapat sukses ujian nasional 2013.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Nice tips bro, tahun ini bakal giliran gw yg UN :D

Anonim mengatakan...

smoga sukses mas purba :D

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Jangan lupa komentarnya. Kritik, saran dan bimbingan yang konstruktif sangat diharapkan.

 
Share