Pages

Kamis, 10 Januari 2013

Ayo ‘Organize Your Life’


Ingin menjadi siswa atau mahasiswa sukses, orang yang mapan, dibanggakan orang tua, punya rumah mewah, menjadi orang kaya, dan sebagainya. Ini semua tentunya menjadi dambaan semua orang, tidak terkecuali penulis sendiri. Berbagai carapun telah dilakukan namun terkadang semua tidak berjalan dengan baik. Terkadang segala usaha yang dilakukan menjadi sembraut, saling bertumpuk dengan kegiatan yang lainnya. Akhirnya yang terujar adalah “pusinkkkk...Kapal Oleng kapten!!.”

Dalam hidup kita haruslah menjadi bijak jika tidak ingin kesuksesan hanya sekadar mimpi atau bualan semata. Namun terkadang langkah bijak yang kita usahakan menemui kebuntuan. Akhirnya kita berusaha mencari jalan terakhir yaitu ‘alakadarnya’. Akibat kita kurang bisa memanajeman waktu pekerjaan seperti tugas sekolah, mencuci pakaian, dan sebagainya bertumpuk. Karena ingin instan terpaksa dikerjakan alakadarnya, yang tentunya sangat merugikan. Jika kegiatan kurang produktif ini terus di biarkan lama-lama akan menjadi kebisaan. Jika demikian siap-siaplah... jadi orang sukses dalam dunia hayalan !!

Sebenarnya banyak sekali langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk ‘organize your life’ yang tanpa berpikir pusing pun kamu akan menemukannya di otakmu, namun tanpa adanya niat yang bulat tidak akan ada apa-apanya. niat itu akan membantumu untuk merealisasikan semuanya dan sebagai alatnya yaitu usaha. “Apa saya ada niat?’ Kamu membaca artikel ini setidaknya sudah ada niat, walau hanya sekadar membaca. Siapa coba manusia yang tak ingin hidupnya sukses? ehhehe...

Untuk menumbuhkan niat, inilah yang menjadi dilema semuanya. Makhluk hidup pasti sukanya yang bikin untung, untuk itu kamu harus tahu apa keuntungan jika kamu teratur.  Jadikan keuntungan hidup teratur sebagai motivasi melawan bisikan setan malas.

1.    Dengan hidup teratur kamu akan punya banyak waktu.
Siapsih yang tak ingin punya banyak waktu? Ada yang bilang, orang yang sibuk adalah orang yang punya banyak waktu, masa sih?. Orang yang malas biasanya hanya membuang-buang waktu dan menumpuk pekerjaannya, jadi ketika sudah menumpuk tak ada pekerjaan yang terselesaikan. Jika kamu teratur maka tak perlu pusing-pusing lagi mengubek-ubek lautan buku mencari buku yang tak terdeteksi mata, pusing membuat tugas segunung, dan kamu bisa dapat waktu ekstra buat pacaran ehehe :D
 
2.    Lebih tenang dan awet muda.
Karena barang-barang atau kegiatan yang menumpuk otak jadi mumet habis otak mumet stress membahana di otak. Stres dapat memicu stroke, jangan sampai stroke di usia muda wkwkw. Kalau hidupmu terorganisir perasaan lebih tenang, dapat mengumpul tugas sekolah atau kuliah tepat waktu. Kamu tidak usah takut terserang serangan jantung mendadak ketika PR-mu tidak ditemukan diransel, karena itu tidak akan terjadi lagi.
 
3.    Kesempatan bergaul.
Jadi teratur bikin kehidupan sosial jadi adem juga lo. Kalau bawaanya sudah pusing karena beban pikiran, temanpun terlupakan. Waktu janjian akan molor bahkan kelupaan. Besoknya cakar-cakaran di sekolah. Capek dehh!. Kalau hidup teratur waktu akan banyak dan bisa digunakan untuk bersosialisasi. Banyak teman banyak rejeki (minta-minta ahahaha :D).
 
4.    Mandiri, disayang ortu.
Karena kamu punya banyak waktu hal hasil dapat mengerjakan berbagai macam kegiatan lainnya seperti mencuci pakaian sendiri yang dapat melatih kemandirianmu dan pastinya ortu akan semakin sayang.
 
5.    Dapat Pemasukan tambahan.
Karena dapat memanfaatkan waktu, biasanya harus mengeluarkan uang laundry jadinya uang tersebut dapat dikantongi, menjadi anak yang mandiri tentunya disayang ortu maka uang jajan pun akan lebih ‘legowo.’
 
6.    Efek Jangka Panjang: Kebiasaan.
Karena sering membiasakan hidup teratur lama-kelamaan pasti akan menjadi kebiasaan. Tidak ada lagi cucian yang menggunung bagi anak kost, tumpukan tugas sekolah, dan sebagainya. Lumayan untuk hidup mendatang, dapat membantu keharmonisan keluarga ahaha.
 
Kemudian kamu harus mengetahui tipa manusia apakah sebenarnya. Kamu harus mengenali dirimu sendiri dulu agar dapat introfeksi diri. Kemudian mencocokkannya dengan cara belajar yang tepat. Untuk mengetahui tipe apakah kamu sebenarnya (1) dan cara belajar yang tepat (2) klik link SATU dan DUA.
 
Jika berbicara masalah membuat hidup teratur maka tak akan pernah ada habisnya. Namun diantara kiat-kiat yang ada dirimu sendirilah yang dapat menemukan dan menentukan metode yang tepat. Untuk mendukung metodemu itu ada beberapa yang harus dipersiapkan :
 
1.    Buku dan Alat Tulis.
Belajarlah untuk mencatat segala hal yang kamu butuhkan agar tidak tercecer. Susunlah jadwal kegiatan dan tempellah di tempat yang mudah kamu lihat. Belajarlah untuk membedakan antara kebutuhan yang mendesak dengan yang kurang mendesak, kamu harus dapat membuat pilihan mengerjakan tugas dahulu atau tidur siang dan sebagainya. Biasakan untuk mencatat tugas-tugasmu, isikan tanggal dikumpul,  tanggal jadwal penyelesaian dan tanggal kamu menyelesaikannya kemudian dalam periode satu atau dua minggu lakukan introfeksi terhadap apa yang kamu kerjakan. Awal mencoba memang banyak yang kebobolan namun jika ada usaha, lambat laun pasti akan terpenuhi sesuai jadwal.
 
2.    Ruangan
Manusia adalah makhluk yang menempati ruang. Ruang tidur dan tempat belajar harus di beri jarak yang pas agar tidak menyulitkanmu. Aturlah ruangan agar membuatmu nyaman. Beri catatan kepada tempat-tempat memuat benda-benda penting seperti gunting di laci bawah, laci tengah untuk kumpulan tugas dan bahan tugas. Fungsikanlah setiap tempat sesuai tempatnya. Jangan biasakan menggeletakkan buku di tempat tidur. Bisakan mengatur tempat tidur di pagi hari seusai bagun.
 
3.    Jam.
Biasanya akan ada teman-teman yang main ke kamar atau mengajak kita berpergian. Kita harus dapat membuat pilihan apakah akan mengikuti teman dahulu atau mengerjakan tugas. Kita harus pandai memaksimalkan penggunaan waktu. Turuti jadwal kegiatanmu, namun jangan terlalu kaku ehehe... Siapkan selalu kondisi tubuh yang prima. Jika tubuh tidak fit, kita tidak akan mampu beraktivitas. Segala kegiatan yang telah disusun akan terkatung-katung.

4.    Etc. (Tentukan Sendiri)
Banyak benda lain yang dapat kamu persiapkan atau gunakan sebagai pendukung yang tidak dapat penulis ketahui pasti. Percayalah pada dirimu, dan jangan pernah patah arang. Dirimu yang paling mengetahui bagaimanakah dirimu sebenarnya. Kemajuan dan kesuksesanmu tidak selamanya hanya karena orang tua atau orang lain, yang paling berperan adalah Tuhan dan dirimu sebagai pemilih.
Demikian dulu artikel yang saya buat. Semoga dapat dijadikan motivasi untuk hidup lebih teratur menuju hidup yang sukses. Saya mohon maaf jika artikelnya sedikit nanggung. Saya percaya yang dapat menentukan nasib selain Tuhan adalah diri kita sendiri untuk membuat pilihan. Jadi siapkan pilihan ada, hidup teratur untuk kesuksesan atau hidup berantakan untuk keterpurukan !

Buku Bacaan :
Moss ,Samantha, dkk. 2011. Organize Your Live. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Astawan, I Gede, dkk. 2012. Kiat Menjadi Mahasiswa Sukses. Singaraja: Undiksha Press.
Sumber Gambar : di sini

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam kenal... Bagus nih templatenya..

Unknown mengatakan...

Salam kenal.
sebenarnya saya salah memasang template T_T.
terimakasih atas kunjungannya.

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Jangan lupa komentarnya. Kritik, saran dan bimbingan yang konstruktif sangat diharapkan.

 
Share